Sabtu, 28 Juni 2008

Ibu Mertua dan Menantu Wanitanya


Perselisihan antara ibu mertua dan menantu wanitanya memang kadang terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Terutama jika si anak adalah anak laki-laki kesayangannya dan hubungan mereka sangat dekat. Beliau merasa anaknya berubah menjadi tidak memihak kepadanya dan selalu membela istrinya. Selain itu juga mungkin saat mereka belum menikah, si ibu terlalu berharap mendapat menantu yang baik, bisa menjadi teman ngobrolnya, penuh perhatian dan....lain-lain yang baik-baik. Tapi ternyata kemudian....apa yang diharapkan, tidak sesuai dengan kenyataan. Sehingga kadang beliau berpikir..."Aduch, kok kasihan anakku ya...dapat istri seperti itu." :> atau..."kok anakku sejak menikah jadi lain ya...".

Melihat perbedaan usia mereka yang jauh, tentu saja perbedaan pandangan mereka juga berbeda. Terkadang antara orang tua dan anak wanitanya saja bisa juga terjadi ketidak cocokan. Tinggal bagaimana kita semua menyikapinya. Mungkin si anak laki-laki dapat menjembatani kedua orang yang dicintainya itu.
Saya mencoba mereka-reka solusi apa yang mungkin bisa dilakukan untuk mengurangi masalah tsb. :
1. Kalau anda anaknya...Cobalah perhatikan...kebiasaan apa saja dari sang istri, yang membuat ibunya tidak berkenan, kemudian bicarakanlah dengan baik-baik sambil memintanya agar mau berusaha untuk merubah kebiasaan tsb. (tentu saja kalau memang itu kebiasaan yang tidak baik).

2. Tapi kalau anda menantu wanitanya...coba renungkan, apa kira2 yang sering membuat ibu mertuamu kesal atau marah. Berusahalah untuk mengerti beliau....Bukankah kita menikah dengan seseorang berarti juga "menikah" dgn keluarganya juga?

3. Apakah
hobby atau kegiatan si ibu mertua? Cobalah sekali-kali untuk terlibat dengan hobbynya itu. Apakah berdiskusi...atau...membantunya. Misalnya saja si ibu senang dengan tanaman....Bantulah beliau saat sedang berkebun atau bawakanlah beliau tanaman atau buku-buku mengenai tanaman. Pasti dech senang....Smoga... ;)

Apalagi ya???

Sebenarnya artikel ini aku tulis iseng2 saja, krn melihat beberapa kerabat mempunyai masalah dengan keluarga suami/istrinya. Kalau ibu mertuaku...Lucky me....she's the best mother-in-law in the world... :)
Benar2 nggak pernah menuntut macam2 dan selalu menghargai privacy kita.

Hmmm...smoga saja nanti aku bisa menjadi ibu mertua yang baik ya, juga smoga saja anak2ku mendapat mertua yang baik dan bisa jadi menantu yang baik :) ....Amien....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar